Notification

×

IKLAN

IKLAN

Tag Terpopuler

Pemkab Bekasi Berikan Penghargaan Kepada RT/RW Pemenang Lomba Kampung Bersih 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 | Agustus 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-13T10:52:11Z




CIKARANG PUSAT, medialintaspublik.com - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyerahkan sertifikat penghargaan kepada para pemenang Lomba Kampung Bersih kepada RT/RW tingkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bekasi. Penyerahan sertifikat penghargaan itu berlangsung di Gedung Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Minggu (11/08/2004) malam.

Sebanyak 500 lebih pemenang lomba kampung bersih RT/ RW diapresiasi. Sertifikat diberikan pada RT/RW terbaik 1, 2 dan 3 sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras, inovasi dan gotong royong dari seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Ini juara tingkat desa yang akan lolos seleksi tingkat kecamatan. Saat ini tahapannya, sudah masuk pada penilaian tingkat kabupaten. Juara tingkat desa ini, kita berikan apresiasi dalam bentuk sertifikat,” ujar Dani Ramdan.

Dia mengatakan, sertifikat diberikan pada pada RT yang paling giat, semangat dan sudah memiliki sistem pengelolaan sampah yang baik. Atas penghargaan yang diraih, diharapkan bisa memotivasi untuk terus melanjutkan upaya tersebut.

“Penghargaan diberikan pada tiga RT terbaik di tiap desa. Di desa RT paling giat,” katanya.

Dani berharap, kegiatan bersih itu dilakukan seminggu sekali. Hasil pemantauan di lapangan, beberapa RT sudah melakukan tiga kali dalam seminggu.

Dengan itu, kata dia, gotong- royong akan terpelihara begitupun kebersihan yang akan terasa oleh masyarakat setempat. Selanjutnya, bersih-bersih di tingkat RW juga, diharapkan bisa dilakukan sebulan sekali.

Kedepannya akan diberikan penghargaan RT yang paling semangat. Nanti ditingkat desa tiga bulan sekali. RW terbaik diberikan penghargaan. Kecamatannya enam bulan sekali, dan tingkat kabupaten satu tahun sekali di Hari Jadi Kabupaten Bekasi.

“Dorongan rutin akan menyadarkan masyarakat akan hidup bersih. Dengan keterbiasaan, akan terbentuk gotong royong. kiata membangun kebiasaan ini. Selain gotong royong pengelolaan sampah juga, minimal tidak hanya diangkut tetapi dipilah,” katanya.

“Itu poinnya lebih bagus. Setelah dipilah dilakukan pengolahan yang tepat sehingga sampahnya habis atau menyisakan 20-30 persen saja, itu punya nilai lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Donny Sirait, menyampaikan sertifikat penghargaan lomba kampung bersih diberikan ke setiap desa/kelurahan yang meliputi 179 desa, 8 kelurahan yang ada di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

“Kan ada 178 desa plus 8 kelurahan. Yang hadir ini, yang kita undang adalah 3 RT terbaik di tiap desa. Artinya yang kita undang adalah, 180 desa dan kelurahan, sekitar 500 sekian. Semua RT ikut dalam lomba ini, tapi yang kita ambil adalah tiga terbaik dari satu desa. Tiga terbaik ini, di usulkan ke kecamatan. Berarti bila ada delapan desa, 24 RT selanjutnya di seleksi oleh kecamatan menjadi lima RT terbaik. Sementara untuk juara tingkat Kabupaten Bekasi masih dalam penilaian. Pemenang nanti akan diumumkan di Hari Jadi Kabupaten Bekasi pada 15 Agustus 2024," paparnya.

Indikator penilaian dari Lomba Kampung Bersih ini tentu dari adanya pengelolaan sampah yang terpadu dengan mengusung konsep “Zero Waste”, sehingga masyarakat didorong membangun bank sampah di setiap RT/RW. (Panda/MM) 

×
Berita Terbaru Update