Notification

×

IKLAN

IKLAN

Tag Terpopuler

Cegah Banjir, Pj Bupati Dedy Supriyadi Tinjau Pembangunan Kolam Retensi di Cikarang Selatan

Kamis, 29 Agustus 2024 | Agustus 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-29T13:01:39Z




CIKARANG SELATAN, medialintaspublik.com - Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi meninjau pembangunan Polder atau Kolam Retensi untuk mengatasi banjir, yang terletak di Perumahan Pesona Ciantra, Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, pada Kamis(29/08/2024).

Pada peninjauan tersebut, Pj Bupati Dedy Supriyadi didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik, Kepala Dinas SDABMBK, Henri Lincoln, Camat Cikarang Selatan, Muhammad Said dan jajaran perangkat Desa Ciantra. 

Pj Bupati Bekasi menuturkan, pembangunan infrastruktur tersebut merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah daerah dalam upaya mengatasi permasalahan banjir dengan mengoptimalkan lahan terbuka, sebagai daerah resapan untuk mengurangi luapan air saat hujan musim hujan. 

"Warga di perumahan ini mengeluhkan banjir setiap terjadi hujan deras, selain itu kondisi di daerah ini juga cekung ke bawah sehingga harus banyak serapan airnya," ungkapnya. 

Selain mengurangi luapan air saat volume debit sungai meningkat, kolam retensi ini juga berfungsi sebagai konservasi air karena mampu meningkatkan cadangan air tanah setempat. Sehingga memiliki multifungsi dalam infrastruktur sumber daya air. 

"Hal ini tentunya merupakan salah satu upaya konkret kami dalam mengatasi banjir sekaligus meningkatkan infrastruktur sumber daya air di Kabupaten Bekasi," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SDABMBK Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln menuturkan, pembangunan kolam retensi tersebut memiliki spesifikasi luas 1.100 meter persegi, dengan volume daya tampung air mencapai 2.775 meter kubik.

Pembangunannya direncanakan akan rampung pada Bulan Desember 2024 mendatang. Dengan daya tampung tersebut, nantinya air yang berasal dari perumahan akan dipompa untuk menuju saluran Sungai Cikadu dan Kali Ulu. 

Ia menjelaskan, konsep dasar dari kolam retensi adalah menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang. Kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal. Secara spesifik kolam retensi akan memangkas besarnya puncak banjir yang ada di sungai, sehingga potensi over topping yang mengakibatkan kegagalan tanggul dan luapan sungai tereduksi.

“Kolam retensi kami bangun didasari dengan adanya keluhan dari masyarakat jika musim penghujan pasti banjir di sekitar wilayahnya,” katanya.

Setelah meninjau pembangunan polder tersebut, agenda dilanjutkan dengan meninjau Pembangunan Jembatan Jalan Raya Ciantra, Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan, yang telah dilakukan perbaikan, pelebaran badan jalan dan perbaikan tanggul kali untuk mengatasi adanya banjir.

×
Berita Terbaru Update